×

<strong>Study in Indonesia: Simak Manfaat Dari Mengikuti <em>Student Exchange</em></strong>

study in indonesia

Study in Indonesia: Simak Manfaat Dari Mengikuti Student Exchange

Setiap orang pastinya selalu menginginkan pengalaman menempuh Pendidikan di luar negeri. Sebab salah satu program study in Indonesia ini, akan memberikan pengalaman belajar yang tidak akan pernah terlupakan, dan sangat memiliki nilai positif dalam kehidupan kita kedepannya. 

Penasaran apa sajakah manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika sudah mengikuti program pertukaran pelajar antar negara ini? Ulasan lebih lengkapnya, bisa kamu simak dibawah ini. 

Manfaat Mengikuti Pertukaran Pelajar

Adapun berbagai kelebihan dari mengikuti program pertukaran pelajar dari study in Indonesia ini, bisa Anda simak sebagai berikut: 

  • Memperluas Jaringan

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dari mengikuti program pertukaran pelajar ini adalah bisa memperluas jaringan ataupun relasi. 

Karena ketika kamu mengikuti pertukaran pelajar di negara lain, secara otomatis akan memiliki banyak kenalan dengan banyak teman baru disana.

Tidak menutup kemungkinan, teman baru kamu di negara lain bisa mendatangkan berbagai macam manfaat dalam jangka pendek maupun jangka panjang. 

study in indonesia
  • Melatih Kemampuan Berbahasa Asing

Salah satu syarat utama untuk bisa mengikuti program pertukaran pelajar antar negara ini adalah, harus bisa menguasai salah satu Bahasa asing dan salah satunya adalah Bahasa Inggris. 

Karena kita menetap di Indonesia, tentunya kemampuan berbahasa Inggris ini akan menjadi kurang terasah karena tidak terlalu sering diterapkan dalam keseharian. 

Lain lagi kalau kamu sudah tinggal di luar negeri sana, kemampuan berbahasa Inggris ini akan menjadi selangkah lebih baik karena sudah akan dijadikan sarana berinteraksi dengan sekitar. 

Tidak ada ruginya untuk kamu bisa mahir berbahasa asing ini, sebab secara tidak langsung hal ini akan menjadi poin lebih dalam portofolio kamu ketika akan melamar ke sebuah perusahaan besar nantinya. 

  • Menambah Experience

Dengan mengikuti program pertukaran pelajar antar negara ini, secara otomatis akan membuat kamu juga memiliki banyak pengalaman baru yang sangat mengasyikan. 

Karena tentunya kondisi budaya serta kebiasaan di negara lain, akan jauh berbeda dengan apa yang sering kita temui di dalam negeri ini. 

Selain mendapatkan pengalaman baru yang unik dan berbeda, kamu pun bisa sekaligus bisa mendapatkan keahlian baru di negara tujuan tempat kamu belajar nantinya. Salah satunya adalah keberanian untuk mengemukakan pendapat, tanpa adanya rasa malu-malu lagi. 

  • Melatih Kemandirian

Salah satu esensi dari mengikuti program pertukaran pelajar antar negara ini adalah menjadi jauh lebih berani dan mandiri dari sebelumnya. 

Berani disini dapat diartikan dalam segi positifnya, seperti berani untuk bersosialisasi dengan orang-orang baru, berani berbicara dengan Bahasa asing, berani beradaptasi dengan budaya baru, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

  • Kesempatan Untuk Mempelajari Budaya Negara Lain

Selama kamu berada di negara orang lain dengan budayanya yang jauh berbeda dengan negara asal, mau tidak mau kamu harus bisa beradaptasi dengan budaya yang mereka terapkan disana. 

Hal ini tentunya menjadi nilai positif bagi kamu untuk mengambil sisi baik dari budaya yang sering diterapkan disana, dan akan diterapkan kemudian ketika kamu balik lagi ke negeri kita yang tercinta ini. 

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika bisa mengikuti program pertukaran pelajar antar negara.  

Kalaupun kamu tertarik untuk bisa mengikuti program study in Indonesia tersebut, maka tentunya kamu harus bisa memilih Universitas yang mengadakan program student exchange ini. 

Adapun salah satunya adalah Universitas Indonesia yang menyediakan program pertukaran antar pelajar ini, yang terbuka bagi siapa saja yang menginginkan hal ini. 

Jadi tunggu apalagi? Yuk Daftarkan dirimu sekarang juga!

Semoga bermanfaat!

Post Comment