×

Cara Mudah Membedakan Perhiasan Berlian Asli dan Palsu

Perhiasan Berlian Asli

Cara Mudah Membedakan Perhiasan Berlian Asli dan Palsu

Memiliki perhiasan berlian merupakan salah satu keinginan banyak orang. Tak jarang khususnya para wanita mengoleksi sebuah perhiasan berlian untuk dijadikan sebagai sebuah aksesoris penunjang diri. Namun Anda perlu memahami ciri dari perhiasan berlian asli agar tidak kecewa.

Sebab banyak sekali saat ini perhiasan berlian palsu atau imitasi dijual dipasaran menyebabkan banyak orang sulit untuk membedakannya. Maka dari itu, berikut ini beberapa ciri dari perhiasan berlian yang asli dan cara membedakannya dengan yang palsu.

Kejernihannya

Cara pertama untuk membedakan perhiasan berlian yang asli dengan perhiasan berlian palsu yaitu dapat dilihat dari tingkat kejernihannya. Perhiasan berlian asli memiliki tampilan yang jernih. Anda dapat memperhatikan kejernihan serta warna dari perhiasan.

Untuk perhiasan berlian yang asli akan memiliki warna putih bersih dan terlihat jernih. Tingkat kejernihan dari berlian yang paling tinggi yaitu D dan yang paling rendah yaitu Z. Untuk tingkat kejernihan berlian yang rendah biasanya akan lebih berwarna kuning. Hal tersebut menandakan bahwa berlian tersebut berkualitas rendah.

Sedangkan untuk berlian palsu atau imitasi biasanya tingkat kejernihannya akan sangat rendah bahkan sangat transparan. Namun ada juga beberapa berlian palsu yang bahkan tidak memiliki tingkat kejernihan dan berwarna lebih kusam.

Perhiasan Berlian Asli

Daya Tahan Terhadap Panas

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk membedakan antara perhiasan berlian asli dengan yang palsu yaitu dengan mengetes ketahanan perhiasan tersebut terhadap panas. Perlu Anda ketahui bahwa perhiasan berlian yang asli akan tahan terhadap panas karena memiliki sifat yang mudah menyebarkan panas dengan cepat.

Namun jika Anda menemukan perhiasan berlian yang cepat panas ketika dipanaskan, maka dapat dimungkinkan perhiasan tersebut bukan perhiasan berlian yang asli. Anda dapat melakukan pengetesan dengan cara membakar sedikit bagian berlian tersebut.

Mudah Tenggelam

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk membuktikan keaslian dari perhiasan berlian yaitu dengan menenggelamkan perhiasan berlian tersebut. Perhiasan berlian yang asli memiliki unsur kerapatan yang tinggi sehingga perhiasan asli akan mudah tenggelam ketika dimasukkan kedalam air.

Namun berbeda dengan perhiasan berlian palsu, dimana perhiasan berlian palsu tidak mudah tenggelam ke dalam air karena tidak memiliki unsur kerapatan sama dengan perhiasan berlian yang asli.

Tidak Mudah Tergores

Seperti yang Anda ketahui, perhiasan berlian merupakan salah satu batuan yang sangat keras di dunia. Maka dari itu perhiasan berlian yang asli tidak akan mudah tergores. Untuk membuktikannya, Anda dapat mencoba menggoreskan berlian tersebut ke lantai.

Perhiasan berlian yang asli tidak akan tergores dan tidak menimbulkan bekas pada lantai. Namun berbeda dengan perhiasan berlian palsu, ketika Anda menggoresnya ke lantai maka perhiasan tersebut akan meninggalkan bekas serpihan.

Memiliki Sertifikat

Cara lain yang cukup mudah Anda pahami ketika akan menentukan perhiasan berlian yang asli dan palsu yaitu dengan melihat sertifikat yang dimiliki. Perhiasan berlian yang asli memiliki sertifikat resmi yang menandakan bahwa perhiasan tersebut terbukti kadar kemurniannya.

Berbeda dengan perhiasan berlian palsu tidak akan memiliki sertifikat resmi dari GIA. Namun hal ini bukan menjadi patokan keaslian sebuah perhiasan berlian yang asli sebab terdapat beberapa perhiasan berlian yang asli tidak memiliki sertifikat dari GIA.

Itulah beberapa cara mudah dalam membedakan perhiasan berlian asli dan palsu yang perlu Anda perhatikan. Untuk mendapatkan perhiasan berlian dengan kualitas terbaik dan terjamin keasliannya, Anda dapat membelinya di The Palace Jeweler.

Post Comment