×

<strong>Penyebab dan Perawatan Inkontinensia Urine Pada Anjing</strong>

inkontinensia urine

Penyebab dan Perawatan Inkontinensia Urine Pada Anjing

Anjing yang sudah berusia tua mengalami banyak perubahan entah itu dari segi kepribadian, perilaku, maupun fisiknya. Ketika Anda melihat anjing mudah mengompol di usia tua, hal tersebut mungkin terjadi karena inkontinensia urine bukan kepribadiannya yang berubah. 

Inkontinensia sendiri merupakan keadaan saat anjing tidak bisa mengendalikan keinginan untuk buang air kecil. Jadi mereka akan buang air kecil sembarangan, bahkan saat tidur sekalipun. Berikut ini adalah penjelasan mengenai apa yang menyebabkan inkontinensia dan bagaimana perawatannya:

Penyebab Inkontinensia

Anjing yang tua mengalami perubahan pada otot-otot yang menjadi semakin lemah. Selain itu, kendali saraf pada bagian tubuh tertentu juga menjadi berkurang. Hal tersebut juga terjadi pada sistem urine yang membutuhkan kontrol dari otot. Ketika otot tidak bisa mengontrol, maka akan terjadi inkontinensia.

Menurut penelitian, inkontinensia lebih banyak dialami oleh anjing betina dibandingkan anjing jantan. Selain itu, ras yang ukurannya besar juga cenderung lebih besar risikonya. Sebanyak 30% anjing betina di steril di atas 20 kg mengalami inkontinensia, sedangkan ras kecil hanya 10% saja. 

Namun ada beberapa hal lain yang mendasari terjadinya inkontinensia selain penuaan. Adapun penyebabnya tersebut yaitu infeksi, radang sistem uriner atau sistitis, serta perkembangan urolitiasis. Penyakit lain seperti gangguan neurologis dan diabetes juga bisa menimbulkan inkontinensia. 

Perawatan Inkontinensia Pada Anjing

Perawatan yang dilakukan pada anjing yang terkena inkontinensia tergantung dari penyebabnya. Apabila anjing terkena inkontinensia karena otot yang menua, biasanya dokter akan memberikan stimulan tertentu. Stimulan tersebut membantu mendorong kontrol pada otot saluran kemih. Tingkat efisiensi pada terapi yang dilakukan mencapai 75%.

inkontinensia urine

Namun jika penyebab inkontinensia akibat masalah yang lebih serius, perawatannya akan berbeda. Beberapa contoh perawatannya yaitu operasi, memberikan antibiotik, membantu memilihkan diet, dan lain sebagainya. Sedangkan penyebab yang lebih besar dan parah, pengobatannya dengan cara mengobati masalah secara keseluruhan. Pastikan membawa anjing ke dokter jika mengalami inkontinensia agar segera dirawat.

Itulah pembahasan mengenai penyebab dan perawatan inkontinensia urine pada anjing. Jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan makanan Royal Canin. Kandungan didalamnya sudah disesuaikan dengan kondisi dan usia anabul. Jadi Anda tidak perlu khawatir memilih Royal Canin.

Post Comment